Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar

View Danau Air Tawar. (Dok.
 acehprov.go.id)

View Danau Air Tawar



   Danau Laut Tawar merupakan kebanggan untuk masyarakat Aceh. Danau ini terletak di Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Kota Takengon, Nangroe Aceh Darussalam. Luasnya yang memncapai 5.472 hektar, menjadikan danau ini yang terluas di Provinsi Aceh. Wisata alam yang satu ini seng di datangi oleh wisatawan lokal ataupun asing. Awal mula disebut Laut Air Tawar karena luasnya seperti laut, tetapi rasa asirnya tidaklah asin melainkan tawar sehingga masyarakat menyebutnya sebagai Danau Laut Air Tawar.

         Danau ini memiliki daya tarik yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke danau ini. Selain itu di sini juga menyimpan banyak kekayaan flora dan fauna. Fauna yang paling terkenal adalah ikan depik. Ikan depik adalah ikan hias yang memiliki tubuh ramping, sisiknya putih berkilau, dan ukurannya yang hanya sebesar jempol tangan.
Konon menurut cerita masyarakat Gayo, ikan depik berasal dari butiran nasi yang dibuang ke danau. Mereka akan muncul ke permukaan pada musim hujan. Masyarak Gayo juga menganggap bahwa ikan depik merupakan anugerah dari Tuhan, meskipun dikonsumsi terus-menerus ikan ini tidak akan habis.
Ada fauna juga ada flora. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa melihat para warga yang sedang bercocok tanam. Tempat ini terkenal dengan kopi gayo, markisa, tomat, jeruk keprok gayo, dan alpukat.
Wisatawan juga bisa melakukan banyak aktivitas, seperti memancing ataupun menaiki kapal motor yang siap membawa Anda berkeliling melihat keindahan danau. Keindahan dua bukit yang mengapit danau ini, semakin memperlihatkan keindahan alam disekitar Danau Laut Tawar.

       Untuk urusan biaya, tempat wisata ini tidak memungut biaya masuk. Akses jalan yang digunakan untuk ke tempat ini cukup mudah dan murah. Menuju Takengon lebih mudah ditempuh lewat Kota Bireun. Setelah itu Anda bisa menaiki angkutan elf yang menuju Takengon. Perjalan menuju Takengon akan di tempuh selama 5 jam dengan biaya Rp25.000. Wisatawan juga bisa menggunakan jalan alternatif menuju Takengon melalui Blang Kejeren dan Kutacane. Semua rasa lelah diperjalanan akan hilang jika sudah menikmati keindahan alam Danau Laut Air Tawar.

Comments