Jalanan Menuju Lokasi Wisata Danau Laut Tawar Takengon Aceh Indinesia Yang Harus Di Perhatikan

Danau Laut Tawar Juga Ramai

  Jalan menuju lokasi wisata Danau Laut Tawar di Takengon, Aceh, ini perlu diperbaiki.
TAKENGON, Kawasan wisata Danau Laut Tawar di Takengon, Aceh Tengah, Provinsi Aceh,, juga dipadati pengunjung. Mereka bukan hanya berasal dari kabupaten tetangga Kabupaten Aceh Tengah, tetapi juga dari Kabupaten Bireuen, Aceh Utara, sampai Pidie.
Mereka menikmati akhir pekan terakhir masa libur Lebaran sebelum kembali beraktivitas mulai Senin. Para pengunjung menggunakan mobil pribadi, mobil bak terbuka, truk, dan sepeda motor untuk berjalan-jalan menikmati Danau Laut Tawar.
Sayang, kondisi infrastruktur yang kurang terawat dan jalan yang sempit dengan pagar pembatas jurang yang minim cukup mengganggu wisatawan. Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah tampak kurang memerhatikan salah satu kawasan wisata yang terkenal di Tanah Gayo tersebut.
Danau Laut Tawar merupakan salah satu sumber kehidupan masyarakat Gayo. Ikan endemik khas Danau Laut Tawar yang terkenal adalah ikan Depik, yang berbentuk kecil seperti teri dan mirip dengan ikan bilih di Danau Maninjau di Sumatera Barat.
Berikut beberapa hal tengan Danau Laut Tawar:
1. Kondisi jalan yang mengitari Danau Laut Tawar banyak berlubang perlu perbaikan segera.
2. Masyarakat mengendarai sepeda motor sambil menikmati keindahan Danau Laut Tawar, sehingga membahayakan pengendara lain saat ramai pengunjung.
3. Pengunjung yang ramai menjadi berkah bagi masyarakat di tepi Danau Laut Tawar yang membuka warung dengan menu mi instan, kopi Gayo, jagung bakar, sampai ikan tawar bakar.
4. Untuk melepas lelah setelah berkendara mengeliling Danau Laut Tawar sejauh 31 kilometer, pengunjung bisa beristirahat di warung sambil menikmati keindahan danau.
5. Keindahan Danau Laut Tawar bisa disaksikan dari desa.
6. Pengunjung harus ekstra hati-hati mengemudikan kendaraan karena minimnya pagar pembatas jurang dan jalan di tepi Danau Laut Tawar, Takengon. Sebaiknya, pengunjung parkir di tempat yang aman dan tidak mengganggu lalu-lintas pengguna jalan lain saat menikmati keindahan danau.

Comments